KITA HEMAT BUMIPUN SELAMAT

KITA HEMAT BUMIPUN SELAMAT

Suatu hari ada 3 anak sedang berjalan menuju sekolah tibatiba salah satu diantara mereka bertanya kepada temennya yang lain
“ temanteman kalian ngerasa ga sih kalau akhirakhir ini cuaca panas banget” Tanya adel?
“iya bener banget del, aku aja sampe nyalain kipas angin, sampe ibu ku marahmarah,
padahalkan Cuma nyalain kipas angin doing terus ketiduran,hehe
Jawab lala sambil tersenyum Sesampainya di sekolah dan bel masuk pun berbunyi mereka langsung memasuki ruang kelas.

setelah ±10 menit menunggu, Ibu guru pun memasukin ruangan kelas mereka.

“Selamat pagi anakanak, apakabar hari ini ? “
Sapa ibu guru. Anak anak pun menjawab dengan serentak.
“Selamat pagi juga Bu guru,kabar kami baik ibu guru”

“ beberapa hari belakangan ini cuaca cukup panas ya? Apakah kalian merasakan itu?”
Tanya bu guru Serentak anakanakpun menjawab dengan kompak, sampaisampai bu guru pun kebingungan
“panas banget Bu, iya ibu gerah banget, keringetan terus bu,

Kemudian bu gurupun menjelaskan dampak cuaca yang terjadi saat ini.
“anakanak, bumi kita sekarang sedang berpotensi mengalami pemasan global. Apakah
sebelumnya kalian pernah mendengar istilah pemasan global?”
Tanya ibu guru kepada anakanakAnakanak pun kebingungan sampaisampai suasana di dalam kelas seketika menjadi hening, bu
gurupun langsung menjelaskan secara singkat menganai apa itu pemanasan global?

Pemasan Global itu istilahnya banyak anakanak, pemanasan global disebut juga Global
warming , atau darurat Iklim , atau disebut juga krisis iklim atau sering juga disebut dengan
perubahan iklim global adalah kondisi memanasnya iklim bumi secara umum akibat ulah
manusia yang telah berkontribusi memproduksi gas gas berbahaya ( seperti karbon dioksida)
yang terbang ke atmosfir. Sehingga berdampak besar terhadap cuaca di bumi yang bertambah
panas akibat gagas berbahaya tersebut.

Terus factor apasaja sih penyebab terjadinya pemanasan global tersebut?”

“nah anakanak untuk tugas hari ini ibu mau kalian mencari informasi dari media apasaja , mau
itu dari internet,siaran televise ataupun di dalam kegiatan seharihari mengenasi faktor penyebab
terjadinya pemanasan global, mengerti anakanak”

mengerti bu guru”

Jawab anakanak dengan kompak.
Bell pulang pun berbunyi,anakanak bersiapsiap untuk pulang ke rumahnya masingmasing.

Sepanjang perjalanan pulang adel,lala dan Alfie pun melihat banyaknya motor dan mobil
di jalanan, ditambah lagi dengan adanya transfortasi umum.
Seketika adel pun berkata
temanteman motor dan mobil ini kan mengeluarkan asap, terus asapasap dari kendaraan
tersebut ada kaitannya dengan tugas yang bu guru kasih itu ga sih? ”
“ Tanya aja di internet la, kan bu guru juga nyuruh kita buat nyari di internet” Jawab Alfie Lala yang mulai merasakan kegerahan merasa kegerahan, berkata dengan nada yang sedikit
mengrutu

“ ihhhhhh kalian kok pada diem sih, ayo pulang mana panas gerah lagi “
Adel dan Alfie pun menjawab dengan nada sedikit meledek
“ iya ratuu ,, hehehe”


Sesampainya di rumah lala seperti biasa langsung menyalakan tv dan ac di kamarnya,
dengan posisi lala yang sedang berbaring sambil memainkan handphone nya,tibatiba ibunya lala
memasuki kamar sambil berkata dengan nada yang sedikit tinggi.

“ ac nyala kipas angin nyala mainin handphone sambil di cas bagus nya, ibu kan sudah bilang
mulai dari sekarang kita harus belajar hemat, bayar listrik mahal, gunakan alatalat elektronik
seperlunya saja, siangsiang matikan lampu”

“laksanakan ibu Negara,,, heheheheh”
Jawab lala sambil tertawa

Keesokan harinya lala,adel dan Alfie dan temantemannya yang lainpun siap untuk
melaporkan apa yang mereka dapatkan dari hasil pencariannya masingmasing.

“ ayoo anakanak apakah kalian sudah mengerjakan tugas apa yang ibu perintahkan kemarin”
Dengan serentak mereka pun menjawab
“sudah bu guru”

“coba sekarang siapa yang mau duluan menyampaikan factor apasih yang menyebabkan
pemanasan global itu”
Tanya bu guru
asap kendaraan bu,seperti motor dan mobil atau transfortasi umum lainnyaDengan lantang adel menjawabnya
“ada lagi yang lain?”
Tanya bu guru
“bu guru , kalau pemakaian listrik yang berlebihan masuk ke dalam factor terjadinya pemanasan
global gak bu? Soalnya kemarin ibu saya marahmarah karena lala menyalakan ac dan tv di
kamar, kata ibu kita harus hemat bayar listrik mahal”
Jawab lala dengan nada yang sedikit kebingungan
“ dua jawaban yang sangat bagus, dan kedua jawaban itu sangat benar sekali, itu adalah salah
satu contoh factor penyebab pemanasan global yang tanpa sadari kita juga sering melakukan hal
itu. Ibu akan sedikit menjelaskan kenapa sih jawaban yang diberikan adel dengan lala itu benar”

“ ibu akan menjelaskan jawaban dari adel terlebih dahulu ya”

alat transfortasi seperti motor mungkin sudah tidak asing lagi digunakan untuk
kebutuhan seharihari, namun tanpa kita sadari anakanak penggunaan alat transfortasi secara
berlebihan itu bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global loh, kok bisa sih ? Penggunaan
minyak bumi untuk bahan bakar kendaraan yang mengeluarkan karbon dioksida dapat
menyebabkan terjadinya pencemaran udara . Selain hal tersebut, karbon dioksida yang dihasilkan
juga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global yang nantinya juga akan
mempengaruhi
lapisan ozon. Pemanasan global dari tahun ke tahun semakin parah, hal ini
dibuktikan dengan semakin meningkatknya masyarakat dalam menggunakan kendaraan
bermotor. Dalam setiap harinya kita pasti menemukan banyak orang menggunakan kendaraan
bermotor, entah itu roda 2 ataupun roda 4. Asap yang dikeluarkan dari kendaraan tersebutlah
yang nantinya akan membuat udara menjadi tercemar dan menjadi udara yang tidak sehat. Asap
yang berasal dari kendaraan ataupun pabrik industri akan menyebabkan gangguan kesehatan
mengetahui asap tersebut mengandung zatzat yang berbahaya. Selain bagian tubuh dalam yang
mengalami gangguan, bagian luar tubuh seperti kulit akan mengalami iritasi apabila terlalu
sering terkena dari asap tersebut.

“Dari penjelasan ibu barusan apakah kalian mengerti ?” Tanya bu guru
“mengerti bu”
Anakanak pun menjawab dengan serentak
“oke,ibu lanjut menjelaskan jawaban dari lala , yang kata ibunya harus hema
t karena bayar listrik
mahal,,,,hehehe”

“jadi begini anakanak , penggunaan listrik yang berlebihan akan mengakibatkan terjadinya pemanasan global , kok bisa ? Sebenarnya, pemanasan global disebabkan oleh polusi udara. Tetapi, karena listrik dihasilkan oleh pembakaran batu bara, maka asap dari pembakaran batu bara tersebut membuat polusi udara semakin parah.Listrik yang kita gunakan setiap hari itu berasal dari sumber daya alam yang terbatas dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan secara alami penggunaan yang berlebihan akan membuat persediaan sumber daya alam cepat habis. Dengan penggunaan listrik yang berlebihan, tentu dapat menyebabkan kelangkaan listrik juga. Kenapa? Karena, untuk menghasilkan listrik, diperlukan batu bara yang dibakar. Karena, setiap unit energi listrik yang di produksi, tiga unit batu bara akan dibakar. Batu bara yang dibakar untuk dapat menghasilkan listrik itu adalah sumbe r daya yang tidak dapat diperbaharui. Jadi jika kita menggunakan listrik berlebihan, tentu kita juga menghabiskan batu bara yang digunakan untuk mennghasilkan listrik dengan perlahan lahan, sehingga menyebabkan kelangkaan energi listrik dan berkurangnya cadangan listrik
“ohh jadi begitu ya bu,
jadi apa yang harus kita lakukan agar batu bara tersebut tidak
habis”

“terus bu jika kita tidak menggunakan alat transfortasi kita harus menggunakan apa?”

“terus
bu kita harus bagaimana supaya pemanasan global ini tidak semakin meningkat”
“ibuu,kalau misalnya minyak bumi kita habis nanti anak cucu kita tidak tahu yang namanya bensi,minyak tanah dong bu,,hehehhe” Dengan ramai anakanak pun mengeluarkan pendapatnya
“kita
ambil kesimpulannya saja ya anakanak, untuk mencegah terjadinya peningkatan pemanasan global , kalian sebagai generasi muda harus bisa lebih pintar,jika bukan kalian siapa lagi yang akan menyelamatkan bumi ini. Mulai dari sekarang kita harus belajar hema t, hemat disini adalah menghemat bbm,membiasakan untuk berjalan kaki apabila jarak yang ditempuh dekat , dengan kita berjalan kaki asap kendaraan semakin berkurang dan bbm pun akan lebih awet. Dan juga kita harus menghemat penggunaan listrik , ada benarnya juga apa yang dikatakan ibunya lala,penggunaan listrik berlebihan pas bayar akan lebih mahal karena listrik yang digunakannya pun banyak, mulai sekarang kita belajar untuk menghemat listrik dengan cara mematikan lampu di siang hari, tidak menyalakan alat elektronik jika tidak digunakan, mencabut stop kontak, mengganti peralatan elektronik dengan yang ramah
lingkungan”.

(PENUTUPAN)

“Jika bumi rusak akan berbahaya bagi mahkluk hidup yang tinggal di bumi. Jadi mulai

sekarang mari
kita jaga bumi kita dari diri kita sendiri dan mulai dari sekarang kita harus menghemat energi yang kita gunakan seharihari. KITA HEMAT BUMIPUN SELAMAT”

TAMAT
Latest posts by Sahabat Risma (see all)

Komentar

  1. Bacanya udah enak, dan pas buat dibaca usia manapun terutama anak-anak.
    Tinggal kerapihan kepenulisannya aja nih diberesin, semangat ya. terus belajar, ditunggu tulisan-tulisan lainnya dari Sahabat Risma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.