Rayon FKIP Mengadakan Kegiatan Pekan Bincang Kampus

PMII Komisariat Universitas Pakuan Rayon Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP mengadakan Kegiatan Pekan Bincang Kampus dengan mengusung tema”Sistem Perguruan Tinggi & Program Kampus Merdeka. Kegiatan  ini dilaksanakan pada Rabu (8/9) melalui Zoom Metting.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk Pengenalan ataupun pemahaman khususnya untuk Mahasiswa baru dalam memahami Perguruan Tinggi . Kegiatan  kali ini dipandu oleh moderator sahabat Fadhil Ismayana. Kajian ini diikuti oleh 30 peserta, dari kader PMII Universitas Pakuan dan mahasiswa secara umum.

Dalam kegiatan  ini, pemateri menyampaikan tentang Sistem Perguruan Tinggi & Program Kampus Merdeka. Sahabat Rahmat Hidayat, S.Pd. sebagai Pemateri sekaligus Sekretaris Pengurus Cabang PMII Kota Bogor pada kegiatan pekan bincang kampus ini.

Sahabat Rahmat Hidayat sebagai pemateri menyampaikan bahwa suatu sistem yang memudahkan seseorang menuntut pendidikan tinggi sesuai dengan bakat, minat dan tujuannya, meskipun dengan tetap mempertahankan persyaratan – persyaratan pendirian program studi yang bersangkutan.

Program sistem pendidikan tadi berkaitan dengan program kampus merdeka.

Ada 3 program Kampus Merdeka buat mengembangkan diri mahasiswa:
  • Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.
  • Program Kampus Mengajar.
  • Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

Sistem pendidikan memiliki acuan program kampus merdeka

Tujuan perguruan tinggi dalam pasal 2 PP no 60 1969 yaitu menjadi anggota memiliki kemampuan akademik. Mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan kesenian.

UU 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi :

Pasal 4

Pendidikan Tinggi berfungsi:

  1. mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa;
  2. mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan
  3. mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

Pasal 5

Pendidikan Tinggi bertujuan:

  1. berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa;
  2. dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa;
  3. dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia; dan
  4. terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan akademik suatu tingkat pendidikan tinggi yang diarahkan  terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana, magister, dan doktor.

  • Di akademik semester 1 & 2 kalian akan di perkenalkan lingkungan kampus seperti apa dan mata kuliah dasar sesuai program studi kalian
  • Di semester 3 & 4 mulailah kalian sudah beradaptasi dengan lingkungan kampus dan tugas penelitian dari dosen terkait mata kuliah yang kalian ambil dan kegiatan PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)  muara dari semua kegiatan teori dan praktik bagi mahsiswa yang akan meyelesaikan studi diperguruan tinggi khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.  Setelah mereka menyelesaikan pendidikan dan diangkat menjadi guru telah siap mengemban tugas sebagai guru.
  • Di semester 5 & 6 kalian akan menghadapi KKN (Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.
  • Di semester 7 & 8 kalian akan menghadapi penyusunan Skripsi yang menjadi syarat kelulusan mahasiswa S1 Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Pendidikan non akademik adalah hal yang tidak berhubungan dengan hal akademis atau segala hal diluar kegiatan formal pembelajaran. Jadi, prestasi non-akademik adalah prestasi yang dicapai oleh lembaga sekolah atau siswa melalui berkegiatan, berorgansisasi, dan juga bersosialisasi dengan orang lain atau pihak lain.

Segala sesuatu yang di transfer oleh guru akan berdampak kepada siswanya
misalnya= guru kencing duduk. Murid kencing berlari

Satuan Pendidikan di perguruan tinggi terdapat  beberapa prodi dari berbagai fakultas misalnya : di Universitas Pakuan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan mempunyai 5 Prodi:

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI)
  2. Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  4. Pendidikan Biologi
  5. Pendidikan IPA

 

3 Dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu :

  1. Pendidikan
  2. Penelitian
  3. Pengabdian Masyarakat

Ketiga Tri Darma ini akan membimbing kitaa menjadi sebuah maping menuju arah-arah Perguruan tinggi tersebut.

Sebuah rangkaian yang harus di lakukan Proses kalian akan menentukan bagaimana kedepannya nanti.

Kurikulum adalah salah satu proses penyelenggaraan Perguruan tinggi (akademik ataupun profesional) agar mahasiswa mendapatkan kemampuan keterampilan. Konsep rangkaian Kurnas sekarang kurikulum Perguruan tinggi ,SMA SMP (kurtilas)

Sistem pendidikan tinggi
Kurikulum
Tri Dharma Perguruan tinggi

Dengan adanya Kegiatan tersebut PMII Universitas Pakuan khususnya Rayon FKIP berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam mengenal dan memahami sistem perguruan tinggi dan program kampus merdeka.

Tentang Penulis

Sahabat Fadhil

Mahasiswa Hedonis yang Berjiwa Aktivis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.