Metodologi Penelitian Pendidikan

Sumber gambar : Google.com

 

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

 

Pendekatan Penelitian dan Pengembangan di kelas 1V SDN Cibugis Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor

 

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

 

Pesatnya pembangunan dan kemajuan suatu bangsa sangat di tentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Tentunya dalam hal ini pendidikan menjadi hal sentral yang dilirik untuk menghasilkan manusia yang siap untuk berdaya saing di jaman teknologi dan pengetahuan yang semakin maju. Oleh karna itu, peningkatan kualitas pendidikan harus menjadi perhatian dan terus di tingkatkan secara berkelanjutan dan agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Upaya perbaikan dan kualitas pendidikan merupakan sebuah keharusan untuk selalu dilaksanakan agar suatu bangsa dapat maju.

Dalam menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dapat menguasai pengetahuan secara baik maka pemerintah mengembangkan suatu program Gerakan Literasi Sekolah (GIL). Namun kebiasaan tidak berjalan dengan optimal jika tidak dibarengi dengan minat membaca dari peserta didik itu sendiri. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat di gunakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Maka dari itu pendidik sangat berperan penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Proses pembelajaran akan berjalan lancar dan efektif apabila ditunjang dengan adanya sarana-prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran dengan adanya media pembelajaran.

Media pembelajaran digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi dari guru ke siswa dan merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga proses

pembelajaran menjadi lebih efesien, dan lebih efektifnya dengan mengunakan media pembelajaran video animasi. (Arsyad : 2003) media video memiliki fungsi sebagai media pembelajaran yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, dan fungsi kompensatoris. Dengan mengunakan media video, guru dapat menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk audio visual seperti gambar bergerak di tambah dengan tulisan dan materi yang disampaikan terkesan lebih menarik. Untuk dapat merealisasikan ide kedalam bentuk video animasi dibutuhkan aplikasi video editor animasi yang mumpuni agar video yang dibuat sesuai dengan ekspetasi. Salah satu aplikasi video editor yang mumpuni yaitu Canva.

Video editor sudah marak saat ini, baik yang bisa di gunakan dalam sistem oprasi windows di computer hingga android di handphone, dari sekian banyaknya video editor pada saat ini saya memilih aplikasi Canva. Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.. Fasilitas pengeditan foto dan video memungkinkan untuk menangani berbagai fungsi pengedit foto & video yang diperlukan agar memberikan sentuhan professional dalam pengeditan foto & video. Sehingga animasi yang dibuat dapat memikat perhatian pengamat.

Foto & Video editor memang sangat di butuhkan pada zaman teknologi ini dan sudah banyak aplikasi video yang digunakan dengan reputasinya yang tinggi atau bahkan sering digunakan aplikasi tersebut untuk ditampilkan pada TV seperti adobe primere atau sejenisnya. Tapi bagi editor foto & video pemula mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu projek video, itu pun dengan hasil yang belum tentu memuaskan. Aplikasi Canva memberikan solusi bagi yang ingin belajar foto & video editing berbasis animasi dengan waktu yang singkat, karna

selain programnya yang ringan jika di bandingkan editor video lainnya, tampilan kerja aplikasi canva juga sederhana dan sangat mudah dipahami. Meskipun tampilan aplikasi canva sederhana namun tidak mengesampingkan fiture, sehingga tidak perlu khawatir dengan kualitas foto & video editannya. Dengan adanya media pembelajaran video animasi, materi pembelajaran secara tematik oleh guru menjadi lebih mudah di mengerti dan dipahami oleh siswa dengan benar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Pembelajaran tematik adalah program pembelajaran yang berangkat dari satu tema/topik tertentu dan kemudian dielaborasikan dari berbagai aspek, atau ditinjau dari berbagai persfektif mata pelajaran yang biasa di ajarkan disekolah. Pembelajaran tematik ini adalah terobosan yang cukup bagus karna berpusat kepada siswa, fleksibel, dan memberikan pengalaman langsung, pembelajaran tematik diharapkan dapat menjadi sarana peserta didik untuk lebih lanjut dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka proses pembelajaran yang diberikan oleh guru haruslah memberikan pengalaman secara langsung agar memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari..setelah melakukan observasi di SDN Cibugis, saya mendapatkan bahwa masih ada guru kelas IV yang melakukan pembelajaran dengan guru sebagai pusatnya dan kurang mengikut sertakan peserta didik dalam pembelajarannya, kemudian pengunaan media pembelajaran yang digunakan kurang variatif, serta tidak mengikuti perkembangan zaman, padahal sudah ada workshop mengenai aplikasi video dan gambar editor sebelumnya namun masih adanya guru yang tidak mengimplementasikannya kedalam kehidupan sehari-hari, yang

mengakibatkan    peserta    didik    kurang    fokus    dalam    kegiatan pembelajaran kemudian imbasnya pada minat dan hasil belajarnya.

Hal yang seharusnya pada pembelajaran tematik ini yaitu lebih aktifnya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk membuat anak lebih mudah mengerti dengan berdiskusi, serta media pembelajaran yang sesuai untuk perkembangan anak dan perkembangan zaman, agar anak merasa lebih nyaman belajar dan dekat dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Berdasarkan penjelasan yang sudah disampaikan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran perlu dikembangkan untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran tematik pada peserta didik, salah satu media yang memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik yaitu media pembelajaran interaktif. Berdasarkan pemaparan di atas maka penulis akan melakukan penelitian yaitu “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas IV SDN Cibugis .

 

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah yang dapat di identifikasi adalah sebagai berikut :

  1. Pembelajaran masih berpusat kepada pendidik
  2. Peserta didik membutuhkan media yang dapat meningkatkan minat baca serta dapat memotivasi dalam belajar
  3. Kreativitas pendidik dalam pembelajaran masih kurang
  4. Dibutuhkannya media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran tematik terpadu

C.     Batasan Masalah 

Agar penelitian tidak meluas ke segala arah maka perlu adanya pembatasan masalah, berikut ini adalah batasan masalah yang difokuskan dalam penelitian ini :

  1. Penelitian pengembangan media pembelajaran animasi ini hanya memuat Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1
  2. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SDN Cibugis
  3. Pengembangan media    pembelajaran    animasi    dengan mengunakan aplikasi Canva.

D.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu :

  1. Bagaimana pengembangan media pembelajaran animasi dengan mengunakan aplikasi Canva ?
  2. Bagaimana kelayakan media pembelajaran animasi dengan mengunakan aplikasi Canva ?

E.     Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah maka disimpulkan tujuan dari penelitian ini yaitu :

  1. Untuk mengembangkan    model     pembelajaran    animasi dengan mengunakan aplikasi Canva.
  2. Mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi dengan mengunakan aplikasi Canva.

F.      Manfaat Penelitian

Tentunya diharapkan adanya manfaat dari penelitian ini secara teoritis maupun praktis, yaitu sebagai berikut :

  1. Secara Teoritis

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan media pembelajaran animasi berbasis Canva kedepannya dan juga di jadikan contoh dalam penelitian yang akan datang.

  1. Secara Praktis
    • Bagi Peserta didik
      • Menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam mempelajari materi yang
      • Memudahkan bagi peserta didik dalam memahami materi
    • Bagi Guru

Diharapkan media pembelajaran animasi berbasis Aplikasi Canva ini dapat digunakan sebagai pendukung dalam mengajar ataupun sebagai instrument untuk membantu dalam kegiatan pembelajaran.

  • Bagi Sekolah

Dapat memberikan kontibusi pada sekolah dasar dalam upaya memperbaiki dalam proses belajar mengajar dan mengembangkan media pembelajaran tematik sehingga pembelajaran lebih bermakna dan tercapainya tujuan pembelajaran.

 

  • Bagi Peneliti

Memberikan pengalaman langsung dan menambah wawasan peneliti tentang mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis aplikasi canva yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam belajar.

 

 

Tentang Penulis

Sahabat Fadhil

Mahasiswa Hedonis yang Berjiwa Aktivis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.